10+ Contoh Sikap Westernisasi di Masyarakat

By

pengertian westernisasi

Jika mendengar kata westernisasi mungkin kalian akan langsung terpikir pada negara bagian barat bumi atau bahkan kalian sama sekali belum pernah mendengar kata yang satu ini. Bagi kalian yang belum tahu apa itu westernisasi simak penjelasannya dibawah ini.

 

Pengertian Westernisasi

pengertian westernisasi

Westernisasi berasal dari istilah yang mengandung kata west berarti barat. Westernisasi diartikan sebagai perilaku meniru gaya hidup masyarakat negara bagain barat bumi seperti Amerika dan Eropa yang dianggap sangat mengikuti trend kemajuan zaman.

Peniruan style atau gaya ini dianggap modern padahal sebenarnya peniruan ini dianggap kurang sesuai dengan masyarakat timur karena hal yang dicontoh bukanlah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi melainkan gaya hidupnya saja.

Baca Juga : Penjelasan Globalisasi Lengkap

 

 

Dampak Westernisasi

dampak westernisasi

Adany westernisasi ini tentu saja akan memberikan dampak baik dampak positif maupun dampak negatif.

 

a. Dampak Positif

Dampak positif adanya westenisasi ini adalah masuknya unsur kebudayaan baru yang dapat mendukung perubahan sosial dalam masyarakat. Jika westernisasi ini dapat dikendalikan dalam penerapannya dan tidak merusak nilai sesta tatanan sosial dasar maka dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi.

Baca Juga : Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

 

b. Dampak Negatif

Selain dampak positif diatas, westernisasi juga memiliki dampak negatif yang justru lebih banyak antara lain.

1. Keteraturan Sosial Terancam

Westernisasi yang dilakukan masyarakat mengakibatkan kerusakan keteraturan sosial karena perbedaan dasar keadaan dalam masyarakat tersebut seperti banyaknya penyimpangan yang dilakukan, hal tersebut akan menyebabkan keteraturan sosial terancam.

2. Pola Interaksi Sosial Berubah

Bukan hanya mengancam keteraturan sosial namun westernisasi juga dapat menyebabkan interaksi sosial berubah pesat dengan berkembang sesuai kemajuan gaya hidup di negara western yang akan membuat nilai dasar tidak dijalankan sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Perubahan Sosial Budaya Lengkap

3. Globalisasi Menjadi Tidak Aman

Globalisasi memang memiliki dampak baik namun adanya westernisasi oleh masyarakat menyebabkan globalisasi ini menjadi tidak aman lagi karena masyarakat sulit terkendali dan hanya menduplikat gaya hidup orang-orang western tanpa memilah dan memilih apa saja hal yang harusnya dicontoh dan tidak.

 

 

Contoh Westernisasi yang Berkembang Dalam Masyarakat

contoh westernisasi

Indikasi jelas westernisasi yang terjadi dalam masyarakat dapat dilihat dari beberapa contoh dibawah ini antara lain.

 

1. Pergaulan Bebas

Bergaul memang menjadi salah satu kewajiban setiap individu sebagai makhluk sosial namun kita juga harus pnadai dalam memilih pergaulan, jika kita salah bergaul bukan tidak mungkin kita akan terjerumus kedalam pergaulan bebas yang memang saat ini sudah bukan menjadi hal asing lagi dalam masyarakat kita.

Adanya westernisasi ini membuat pergaulan bebas semakin tersebar luas. Karena dianggap modern orang-orang tanpa pikir meniru hal-hal yang kurang sesuai di lingkungan seperti tinggal bersama tanpa status suami istri, melakukan kontak fisik dengan lawan jenis yang berlebihan dan sebagainya.

 

2. Gaya Pakaian yang Tidak Sesuai

Westernisasi juga dapat ditandai dengan melihat sandang atau pakaian yang masyarakat saat ini kenakan dengan berlebihan. Westernisasi memang dikenal dengan kehidupannya yang sangat bebas baik secara kehidupan sosial maupun fisik.

Orang-orang disana mungkin sudah terbiasa dengan memakai pakaian yang terbuka namun hal tersebut kurang pantas dicontoh di Indonesia karena tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada.

 

3. Gaya Bicara

Gaya bahasa orang barat mungkin berbeda dengan kita dimana kita diajari gaya berbicara yang pantas kepada orang lain namun disana orang-orang memiliki gaya bicara yang sama kepada semua orang.

Bukan hanya itu namun terkadang terdapat pula kata-kata kasar atau tidak pantas didalamnya namun tetap ditiru seperti kata-kata toxic yang belakangan ini diikuti oleh anak-anak muda.

 

4. Sopan Santun

Sopan santun menjadi hal yang sangat penting bagi orang timur namun hal tersebut tidak berlaku pada orang barat, mereka akan melakukan segala hal yang mereka inginkan tanpa berpikir usia, kedudukan dan sebagainya seperti melewati begitu saja orang tua tanpa permisi.

 

5. Merendahkan Bahasa Asli

Erat kaitannya dengan gaya bicara, bahasa yang dipakai pada westernisasi juga tentu saja mencontoh orang-orang barat, mereka akan lebih senang dan bangga jika berbicara menggunakan bahasa campur aduk dengan istilah-istilah western dan bahasa Inggris daripada bahasa asli mereka karena dianggap gaul seperti penggunaan kata hello, okay, by the way, bye, on the way dan lain sebagainya.

Baca Juga : Penjelasan Hukum Perdata Lengkap

 

6. Dugem

Dugem atau pergi ke diskotik sudah menjadi tren di kalangan anak muda saat ini yang dilakukan pada waktu tertentu yang menjadi salah satu contoh westernisasi. Dimana biasanya didalam diskotik ini banyak tersedia minuman keras dan obat-obatan terlarang yang beredar dengan bebas belum lagi dapat terjadi perbuatan zina ditempat tersebut saking bebasnya.

 

7. Merayakan Pesta Ulang Tahun dengan Minum Minuman Keras dan Mabuk

Merayakan pesta ulang tahun mungkin sudah menjadi agenda resmi setiap orang di seluruh negara namun pesta ulang tahun dengan mabuk mabukan masih menjadi sesuatu yang asing apalagi di Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam yang mengharamkan minuman satu ini bahkan penjualan alkohol di Indonesia juga harus ada izin khususnya.

Dengan westernisasi satu ini tentu saja membuat pengaruh negatif karena dapat mengakibatkan kerusakan baik sosial maupun fisik.

 

8. Seks Bebas

Pergaulan bebas akan menjerumuskan seseorang kedalan hal-hal yang lebih buruk lagi seperti seks bebas. Perilaku ini tentu saja tidak seharusnya ditiru oleh masyarakat karena sangat menyimpang terhadap nilai-nilai di Indonesia yang dikenal sebagai umat beragama.

Bukan hanya akan merugikan diri sendiri yang akan menimbulkan banyak dampak namun juga kepada keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

 

Demikian sedikit informasi mengenai Contoh Sikap Westernisasi di Masyarakat yang dapat dijadikan sebagai antisipasi terhadap dampak buruk westernisasi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini. Terima kasih.


Mexi Kehidupan lebih berarti jika berguna bagi banyak orang, penyuka drama korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *