Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Laporan Laba Rugi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Contoh, Bentuk

7 min read

Laporan laba rugi

Laporan Laba Rugi – Dalam setiap melakukan kegiatan bisnis tentunya keinginan untuk memperoleh keuntungan dan juga beberapa kerugian yang didapatkan dalam melakukan suatu bisnis yang sedang dijalankan.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut yaitu dengan menggunakan laporan laba rug. Laporan keuangan ini merupakan laporan yang termasuk ke dalam rangka siklus akuntansi yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi.

Di dalamnya berisikan mengenai segala unsur-unsur pendapatan serta keadaan suatu perusahaan yang nantinya akan menghasilkan pendapatan yang sebenarnya dalam suatu perusahaan baik itu laba bersih atau rugi bersih.

 

Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang mana dalam laporan tersebut berisikan mengenai segala unsur-unsur yang menunjukkan pendapatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, pengeluaran, kerugian serta laba yang didapatkan dari perusahaan tersebut dalam kurun waktu tertentu atau dalam satu periode tertentu.

Laporan ini dibuat berdasarkan dengan tujuan untuk dapat menghitung laba bersih dari suatu perusahaan dengan cara mengurangi keseluruhan dari jumlah pengeluaran yang dilihat dari total pendapatan.

Menurut Pendapat Van Horne Dan Wachowicz laporan laba rugi adalah ringkasan pendapatan dan juga biaya dalam suatu perusahaan Pada kurun waktu tertentu atau selama periode tertentu, yang diakhiri dengan laba dan juga kerugian bersih pada periode tersebut.

Tujuan dari perhitungan laporan laba rugi yaitu untuk menunjukkan profitabilitas kepada Para investor dan juga kreditor yang mempunyai urusan pada suatu perusahaan, dan juga untuk mengetahui efisiensi yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk dapat menghasilkan laba dari keseluruhan jumlah pendapatan yang didapat.

Perbedaannya dengan neraca, laporan laba rugi digunakan untuk menghitung laba atau rugi bersih dalam suatu kurun waktu tertentu atau dalam satu periode yang termasuk ke dalam prinsip dan juga konsep dasar akuntansi.

Struktur dari pembuatan laporan laba rugi perbedaan antara satu dengan yang lainnya, biasanya pembuatan laporan laba rugi disesuaikan dengan setiap bentuk dari suatu perusahaan.

Misalnya pada perusahaan dagang, laporan laba rugi terdiri dari penjualan, harga pokok penjualan, dan biaya serta beban yang dialami dalam kurun waktu tertentu atau selama satu periode. Dan pada laporan laba rugi perusahaan jasa, arti dari pendapatan jasa dan juga bahan-bahan dibutuhkan pada satu kurun waktu tertentu.

 

 

Jenis-Jenis Laba

Dalam suatu laporan laba rugi, apa dapat dibagi menjadi 4 jenis, keempat jenis tersebut antara lain laba bersih, laba kotor, laba operasi dan laba sebelum pajak.

 

Laba Bersih

Laba bersih adalah pendapatan yang dihasilkan dari suatu perusahaan an-naml mana totalnya melebihi penjualan bersih pada harga pokok penjualan setelah dipotong dengan biaya operasional dan biaya pajak penghasilan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya laba bersih yaitu pendapatan beban operasi beban pokok penjualan dan juga tarif pajak penghasilan.

 

Laba Kotor

Laba kotor adalah pendapatan yang dihasilkan dari suatu perusahaan an terhadap penjualan dari suatu produk dalam satu kurun waktu tertentu. Adanya laba kotor dapat mengetahui suatu perusahaan untuk dapat menutupi biaya produk. Dan untuk menentukan laba kotor yaitu dengan cara. Pendapatan Penjualan Bersih dikurangi Harga Pokok Penjualan.

 

Laba Sebelum Pajak

Adalah laba yang diperoleh setelah melakukan perhitungan dari pendapatan dan beban yang lainnya, akan tetapi tidak termasuk pajak penghasilan. Keseluruhan laba yang didapatkan dari suatu perusahaan sebelum adanya tanggungan pajak.

 

Laba Operasi

Laba operasi adalah selisih antara penjualan dengan seluruhan beban dan tanggungan biaya operasi. Laba operasi bertujuan untuk dapat mengindikasikan suatu perusahaan bisa mendapatkan pendapatan berdasarkan dari bisnis utama yang dijalankan.

 

 

Tujuan Laporan Laba Rugi

Terdapat tujuan dibuatnya laporan laba rugi karena laporan ini sangat dibutuhkan oleh berbagai divisi dalam suatu perusahaan. Selain itu terdapat pula beberapa tujuan laporan laba rugi adalah sebagai berikut:

  • Bertujuan untuk memberikan informasi tentang total jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan.
  • Dapat dijadikan sebagai sumber informasi dari keberhasilan yang yang dialami oleh suatu perusahaan.
  • Sebagai bahan referensi untuk evaluasi dari pihak manajemen perusahaan dalam menentukan langkah yang tepat pada periode selanjutnya.
  • Membantu proses analisis strategi bagi perusahaan untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan pada strategi bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Menjadi salah satu acuan bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan bisnis jika ingin terus meningkatkan laba yang dihasilkan.
  • Menjadi cermin atau profil dari suatu entitas bisnis bagi para calon investor atau kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan tersebut.
  • Dijadikan sebagai informasi tentang kondisi dari suatu perusahaan, apakah suatu perusahaan tersebut dapat memperoleh laba sesuai dengan keinginan atau justru rugi dalam satu periode.

 

 

Bentuk Laporan Laba Rugi

Secara umum laporan laba rugi dapat dibagi menjadi dua bentuk, yang pertama yaitu laporan laba rugi single step, laporan laba rugi multiple step. Berikut ini penjelasan bentuk laporan laba rugi.

 

1. Bentuk Laporan Single Step (Langsung)

single step income statement adalah laporan laba atau rugi dari suatu perusahaan yang berisikan mengenai keseluruhan pendapatan serta keuntungan yang didapat termasuk dari unsur operasi yang ada pada posisi awal laporan laba rugi. kemudian selanjutnya adalah semua kewajiban dan juga kerugian yang masuk ke dalam kategori operasi yang ada dibawahnya.

Penyajian laporan laba rugi dalam bentuk single step income statement adalah seperti dibawah ini:

  • keseluruhan jumlah pendapatan Dari hasil penjualan harus dijumlahkan dan dijadikan sebagai kelompok sendiri.
  • Total keseluruhan akun beban kemudian dijumlahkan beserta dibuat kelompok sendiri.
  • Total dari pendapatan harus dikurangi dengan keseluruhan total beban yang ditanggung.
  • Selisihdari pendapatan dan juga beban merupakan hasil keuntungan atau kerugian yang didapat oleh perusahaan.

Laporan single step income statement digunakan oleh suatu perusahaan alasannya yaitu karena format pada laporan dalam bentuk ini lebih sederhana dan mudah untuk dibaca. Selain itu penggunaan dari laporan single step income statement yaitu karena perusahaan masih belum menyadari adanya laba yang didapatkan oleh perusahaan tersebut.

 

2. Bentuk Laporan Multiple Step (Tidak Langsung)

Laporan multiple step income statement adalah bentuk laporan laba atau rugi yang didalamnya berisikan mengenai langkah-langkah untuk dapat menentukan keuntungan bersih yang dihasilkan dalam suatu perusahaan.

Bentuk penyajian laporan laba rugi bentuk multiple step income statement adalah sebagai berikut:

  • Pada akun pendapatan haruslah bedakan antara cara pendapatan yang berhubungan dengan bisnis dan pendapatan di luar bisnis.
  • Begitupun pada akun beban yang mana antara beban bisnis dan beban diluar bisnis haruslah dibedakan satu sama lain.
  • Pada akun pendapatan dan juga bukan bisnis ada pada bagian awal dalam laporan, Sedangkan untuk pendapatan dan beban an-naml masuk di luar bisnis terletak pada bagian setelahnya.

Dapat disimpulkan bahwa laporan multiple step income statement adalah pengelompokan akun pendapatan dan juga akun beban yang berbeda secara terpisah.

Laporan ini juga memisahkan antara transaksi operasi dan juga transaksi non operasi. selain itu terdapat pula perbandingan biaya dan juga perbandingan beban terhadap adanya suatu pendapatan.

 

Format Penulisan Laporan Laba Rugi

Untuk membuat buat laporan laba rugi dalam suatu bisnis yang dijalankan pada umumnya hampir sama dengan penulisan dalam menyusun jenis laporan yang lainnya, yang mana pada bagian atas atau header terdapat:

  1. Identitas suatu perusahaan
  2. Laporan laba rugi
  3. Periode berjalan

Dalam penulisan laporan laba rugi pada bagian header yang paling pertama adalah penulisan identitas dari suatu perusahaan yang akan dirincikan laporan keuangannya, laporan  laba rugi atau laporan keuangan yang akan disajikan, serta pada periode atau tahun berapa apa laporan tersebut dibuat.

Isi dari laporan laba rugi atau inti yang terdapat dalam laporan laba rugi adalah sebagai berikut:

  1. Total pendapatan
  2. Total beban
  3. Laba atau rugi

Komponen dari keseluruhan total pendapatan dan juga total beban diperoleh dari adanya kolom laba atau rugi yang terdapat pada neraca saldo atau kertas kerja. Komponen laba atau rugi adalah selisih yang berasal dari total pendapatan dan juga total beban yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Apabila dalam suatu perusahaan mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari beban yang ditanggung, maka kelebihan dari pendapatan yang didapat disebut sebagai laba.

Dan juga sebaliknya yaitu apabila pendapatan jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan beban yang dimiliki oleh suatu perusahaan, maka hal tersebut dikatakan sebagai rugi.

 

Elemen Dalam Laporan Laba Rugi

Dalam membuat susunan kan laporan laba rugi atau income statement terdapat 4 elemen penting yang harus ada. Keempat elemen-elemen tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pendapatan atau revenue, adalah pemasukan kan atau adanya tambahan aktiva lainnya dari suatu entitas usaha.
  • Keuntungan atau profit, adalah adanya tambahan ekuitas yang dilakukan karena terjadi adanya transaksi peripheral dari suatu perusahaan, atau adanya investasi dari pemilik usaha.
  • Kerugian atau loss, adalah adanya penurunan ekuitas yang dikarenakan terjadinya transaksi peripheral dalam suatu perusahaan.
  • Kewajiban atau expense, adalah pengeluaran atau penggunaan aktiva dari suatu perusahaan.

 

Contoh Laporan Laba Rugi

1. Contoh laporan single step income statement adalah sebagai berikut:

Laba rugi

 

2. Contoh laporan multiple step income statement, adalah sebagai berikut:

Laporan laba rugi

 

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang laporan laba rugi, mulai dari pengertian, bentuk, contoh laporan laba rugi penjelasan lain yang berhubungan tentang laporan laba rugi. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi yang tepat dalam kamu pelajar. Terima kasih.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DarkLight