Modernisasi: Pengertian, Gejala, Ciri-Ciri, Teori dan Contoh Modernisasi

By

modernisasi

Modernisasi – Perubahan yang terjadi pada masyarakat sangat berdampak dan juga memberi pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Hal yang dapat memberi pengaruh besar bagi kegiatan manusia adalah modernisasi. Modernisasi dapat dikatakan pembawa pengaruh perubahan sosial yang memberikan dampak besar terhadap perilaku atau tingkah laku masyarakat. Kemudian Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan modernisasi? Di bawah ini akan dijelaskan tentang pengertian, modernisasi, gejala ciri-ciri  dan hal-hal yang ada hubungannya dengan modernisasi.

 

Pengertian Modernisasi

Setiap kehidupan pastinya akan memiliki kemajuan serta peningkatan. Dan kemajuan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat identik dengan istilah modernisasi. Modernisasi pada abad XVII diawali dengan proses perubahan sistem sosial, ekonomi, dan juga sistem politik yang pertama kali diterapkan di benua Eropa pada abad XVII. Proses modernisasi yang terjadi di Eropa pada masa itu berkaitan dengan perkembangan masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang modern.

Awal modernisasi yang paling terkenal adalah pada saat terjadinya Revolusi Inggris terjadi perubahan sosial dan masyarakat agraris yang kemudian dengan sangat drastis menjadi masyarakat yang berada pada pengaruh industri.

 

 

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Berbagai pengertian dan juga penjelasan mengenai modernisasi banyak dijelaskan oleh para ahli dan tentunya penjelasan dari para ahli memiliki makna yang sama walaupun pendefinisiannya berbeda-beda. Di bawah ini merupakan pengertian modernisasi menurut para ahli sebagai berikut.

1.  Soerjono Soekanto

Pengertian modernisasi menurut para ahli salah satunya dijelaskan oleh tokoh sosiologi Soerjono Soekanto. Menurut Soerjono Soekanto Modernisasi adalah suatu upaya perubahan sosial yang terarah atau directed change sehingga perubahan yang terjadi di dalamnya akan selalu dilandasi dengan perencanaan yang kemudian dikenal dengan istilah social planning.

 

2. W. Schoorl

Menurut pendapat dari W. School pengertian Modernisasi adalah suatu proses transformasi yang tepat untuk menggerakkan masyarakat pada bentuk perubahan dalam aspek kehidupan yang ada di dalamnya. Pengertian yang dijelaskan oleh W. School  dapat berarti bahwa modernisasi memberikan pengaruh yang berhubungan pada tingkah laku manusia.

 

3. Koentjaraningrat

Menurut penjelasan dari koentjaraningrat pengertian dari modernisasi adalah segala usaha yang dilakukan oleh masyarakat agar dapat menyesuaikan dengan kondisi zaman yang telah berkembang pada saat ini. Sehingga masyarakat tidak akan ketinggalan perkembangan pesat yang terjadi saat ini.

 

4. Arbi Sanit

Pengertian modernisasi menurut para ahli yang selanjutnya dikemukakan oleh Arbi Sanit. Menurut pendapat dari Arbi Sanit Modernisasi adalah terjadinya suatu perubahan dalam setiap tingkat kehidupan individu yang awalnya tradisional menjadi mengarah pada kehidupan yang lebih modern atau lebih maju.

 

5. Wilbert E. Moore

Menurut pengertian dan juga pandangan dari Wilbert E. Moore Modernisasi adalah transformasi total atau perubahan kehidupan yang pada awalnya tradisional serta teknologi dan organisasi sosial yang dulunya mengarah kepada pola ekonomis dan juga politis berubah menjadi negara yang lebih stabil.

 

6. William F Ogburn dan Mayer F Nimkot

Menurut penjelasan William F Ogburn dan Mayer F Nimkot bahwa pengertian dari modernisasi adalah usaha yang mampu memberikan arahan untuk masyarakat supaya untuk merubah dirinya dalam kehidupan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Berdasarkan dari pendapat atau perspektif yang dijelaskan oleh para ahli di atas modernisasi dapat kita simpulkan bahwa pengertian modernisasi adalah perubahan-perubahan tingkah laku masyarakat yang bergerak dan kondisi tradisional atau masyarakat pra modern menuju pada pola kehidupan masyarakat yang lebih modern atau maju. Pengertian yang dijelaskan di atas memanglah berbeda-beda dari setiap ahli namun memiliki makna yang sama bahwa modernisasi dapat merubah pola pikir setiap manusia dan juga membuat tingkah laku manusia menjadi berubah dari masa tradisional atau modern dengan sekarang yang lebih maju.

 

 

Gejala Gejala Modernisasi

Modernisasi juga memiliki arti bagian proses perubahan yang dilakukan berdasarkan perencanaan serta kebijakan yang telah ditetapkan. Adanya modernisasi berpengaruh kepada beberapa hal. dibawah ini merupakan penjelasan dari gejala-gejala modernisasi yang terjadi pada beberapa bidang seperti:

  1. Bidang sosial, gejala modernisasi berpengaruh pada bidang sosial, salah satunya ditandai dengan semakin Banyaknya bentuk kelompok-kelompok sosial atau lembaga-lembaga baru yang ada pada kehidupan masyarakat dan tentunya hal tersebut memiliki perbedaan kelas serta status sosial. Adanya perbedaan status sosial itulah yang menyebabkan masyarakat menjadi enggan serta juga pilih-pilih untuk dapat berkelompok satu sama lain.
  2. Bidang ekonomi,  berbicara tentang modernisasi tidak jauh-jauh dengan ekonomi masyarakat. Modernisasi biasanya memiliki gejala dimana kompleksnya kebutuhan makhluk hidup akan terus meningkat sehingga hal tersebut menjadikan adanya kegiatan untuk dapat memproduksi barang melalui sektor industri.
  3. Bidang budaya,  gejala modernisasi yang selanjutnya terjadi pada bidang budaya, biasanya pada bidang budaya ditandai dengan semakin terdesaknya suatu budaya tradisional oleh adanya pengaruh dari budaya luar sehingga memungkinkan budaya asli menjadi hilang lambat lain. Hal tersebutlah yang sangat mengkhawatirkan karena budaya asli dapat hilang dengan adanya budaya baru yang asing menggantikan budaya asli.
  4. Bidang politik,  terjadinya gejala modernisasi pada bidang politik ditandai dengan semakin banyaknya negara yang lepas dan penjajahan. Dengan munculnya negara baru yang merdeka, semakin tumbuh pula negara-negara demokrasi, lahirnya lembaga-lembaga politik, serta semakin diakuinya hak asasi manusia.

 

 

Ciri Ciri Modernisasi

Suatu kejadian dapat diidentifikasi dengan adanya suatu ciri-ciri, berikut pula yang berkaitan dengan modernisasi  juga memiliki beberapa ciri tertentu. Ciri-ciri pada modernisasi dapat diamati oleh individu sehingga dapat diketahui tingkat perkembangannya. Di bawah ini merupakan ciri-ciri dari adanya modernisasi menurut Auguste Comte sebagai berikut.

  1. Terjadi ketimpangan serta adanya ketidakadilan sosial di antara masyarakat.
  2. Sistem ekonomi berdasarkan usaha bebas dan terbuka.
  3. Penerapan ilmu dan juga teknologi pada bidang industri.
  4. Mulai munculnya sifat antagonis yang terpendam antara karyawan dan juga atasan.
  5. Konsentrasi tenaga kerja pada pusat kurban atau kota-kota besar.
  6. Pengorganisasian pekerjaan yang ditentukan berdasarkan efektivitas dan juga keuntungan setiap masyarakat.

Baca Juga: 200+ Pahlawan Nasional Indonesia.

 

Syarat Syarat Modernisasi

Tentunya modernisasi tidak semata-mata berjalan dengan tiba-tiba atau dapat terjadi dengan secara begitu saja. Terdapat hal-hal yang mempengaruhi terjadinya modernisasi. Soekanto menyampaikan pendapatnya bahwa modernisasi dapat terbentuk apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Sistem administrasi negara yang mumpuni.
  2. Cara berpikir secara ilmiah.
  3. Sentralisasi wewenang yang tidak mengutamakan pada kepentingan pribadi atau suatu golongan.
  4. Sistem pengumpulan data yang baik dan secara teratur.
  5. Tingkat organisasi yang tinggi.

 

 

Teori Modernisasi

Terdapat beberapa pandangan yang dijelaskan mengenai adanya modernisasi. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pandangan yang berkaitan dengan modernisasi antara lain.

 

Kepribadian Manusia Modern

Masyarakat pasti selalu mengharapkan dan dan menginginkan adanya perubahan sosial untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya arus informasi yang berkembang serta adanya teknologi yang berkembang juga dengan pesat. Berbagai tindakan yang dilakukan oleh masyarakat merupakan suatu bentuk kepribadian yang berdasarkan pengaruh internal atau eksternal perubahan sosial. Adapun ciri-ciri masyarakat modern yaitu:

  1. Orientasi khusus terhadap waktu.
  2. Menghormati hak yang dimiliki orang lain.
  3. Yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri.
  4. Memiliki rencana.
  5. Mempercayai prediksi mengenai keteraturan kehidupan sosial.
  6. Bersiap untuk bisa menerima pengalaman baru serta keterbukaan terhadap inovasi dan menerima adanya perubahan.
  7. Minat serta mampu pendapat nilai tinggi pada pendidikan terlebih pada pendidikan formal.
  8.  rasa keadilan
  9. Bersiap untuk membentuk dan juga mempertahankan pendapat mengenai berbagai masalah yang menyangkut pada kepentingan umum, mencari suatu bukti mengenai sebuah pendapat, mengakui pendapat tersebut dan juga menilai pendapat tersebut sebagai sesuatu yang positif.

 

Berdasarkan Teori Manusia Modern Alex Inkeles

Teori modernisasi yang dikemukakan oleh Alex inkeles menjelaskan bahwa manusia adalah Komponen penting yang berguna untuk menopang suatu pembangunan. Pembangunan dalam konteks ini tidak hanya sekedar perkembangan teknologi tetapi dibutuhkan juga manusia yang dapat mengembangkan sarana material agar memiliki fungsi yang lebih produktif. Oleh karena itu sangat diperlukan nya manusia modern dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menjunjung tinggi Suatu sikap bahwa imbalan yang diterima Seseorang harus sesuai dengan prestasi yang dicapai oleh masyarakat tersebut.
  2. Memiliki rencana dan juga adanya pengorganisasian.
  3. Menghargai waktu serta juga lebih berorientasi pada masa depan ketimbang masa lalu.
  4. Memiliki sikap hidup untuk bisa menerima hal-hal baru serta keterbukaan terhadap adanya perubahan.
  5. Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Menghargai harkat hidup orang lain.
  7. Memiliki percaya diri yang tinggi.
  8. Memiliki keberanian untuk dapat menanyakan sesuatu atau berpendapat mengenai lingkungannya serta bersikap secara demokratis.

 

 

Contoh Modernisasi

Adanya modernisasi sangatlah erat hubungannya dengan tingkah laku atau pun perilaku yang dijalankan oleh setiap manusia. Tentunya tingkah laku tersebut berdasarkan kepada pola pikir masyarakat yang lebih maju dan juga lebih modern tanpa harus terpaku oleh tata aturan yang tradisional atau pra modern.

Seperti contohnya kegiatan yang dulunya digunakan dengan menggunakan alat seadanya dan dengan sistem manual seperti membajak sawah. Dulunya membajak sawah dengan menggunakan hewan ternak seperti sapi atau kerbau namun adanya modernisasi membuat pola pikir masyarakat menjadi lebih maju sehingga sistem pertanian dengan membajak sawah menggunakan sapi ataupun kerbau sudah ditinggalkan, masyarakat saat ini lebih memanfaatkan adanya teknologi yang ada ada dan lebih memilih untuk menggunakan traktor pada sistem pertanian mereka.

Contoh lainnya seperti pada bidang olahraga yang baru-baru ini dialami oleh masyarakat Indonesia. Indonesia membangun stadion baru Gelora Bung Karno dengan sistem yang modern serta menggunakan desain bangunan kelas dunia. Pada saat ini memang pembangunan sudah menggunakan kelas internasional dan lebih modern ketimbang dengan pola pembangunan pada masa pra modern yang masih menggunakan alat seadanya serta juga sistem yang sederhana.

 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian modernisasi, gejala modernisasi, ciri dari modernisasi beserta teorinya. Dengan adanya modernisasi tentunya hidup manusia akan lebih maju dan berkembang namun hal tersebut janganlah dijadikan untuk kita meninggalkan budaya-budaya asli khas Indonesia yang kian lama makin pudar karena tergeser oleh masuknya budaya asing.

Tetap respek terhadap budaya asli Indonesia dan bangga terhadap kebudayaan yang dimiliki kita sekarang ini tanpa harus mengesampingkan budaya lokal dan mengedepankan budaya asing.  semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi kamu yang membacanya mengenai modernisasi Tidak ada salahnya apabila kita belajar mengenai kebudayaan asing namun tidaklah untuk melupakan budaya asli kita.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Nasi Tumpeng
  2. Opor Ayam Kuning
  3. Dalgona Coffee
  4. Tongseng Sapi
  5. Rawon Daging Sapi
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *