√ Gaya Renang: Macam, Teknik, Persiapan dan Fungsi [Lengkap]

Gaya Renang: Macam, Teknik, Persiapan dan Fungsi Gaya Renang

Gaya Renang: Macam, Teknik, Persiapan dan Fungsi Gaya Renang

Macam Macam Gaya Renang – renang adalah salah satu cabang olahraga yang terdapat di mata pelajaran penjasorkes atau pelajaran sekolah-sekolah. Senam merupakan olahraga yang berada di dalam air kemudian menggerakkan seluruh tubuh supaya dapat berjalan dan tidak tenggelam. Renang termasuk olahraga yang sangat menyehatkan tubuh.

Siapa yang tidak suka jika disuruh untuk bermain dengan air? Nah olahraga renang sendiri merupakan cabang yang paling populer karena selain menyehatkan olahraga renang juga menyenangkan karena kita dapat berbaur dan bermain dengan air. Olahraga yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang mana hasilnya akan dapatkan oleh seluruh tubuh. Mungkin kamu yang memiliki tubuh kurang ideal kamu dapat memanfaatkan olahraga renang agar tubuhmu ideal. Pernah renang dipercaya dapat menambah tinggi badan dengan cara yang cepat.

 

Manfaat Renang

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa beberapa orang juga meyakini apabila olahraga renang dilakukan secara rutin maka akan membantu pertumbuhan tinggi badan yang ideal bagi tubuh seseorang. Namun manfaat renang tidak hanya seputar untuk meninggikan tubuh seseorang renang juga memiliki manfaat seputar kesehatan seluruh tubuh.

Tentunya dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga terdapat teknik dan tidak dilakukan secara sembarangan. Sebelum melakukan kegiatan olahraga renang tentunya kita harus paham serta menguasai teknik-teknik yang dibutuhkan dalam renang.

 

Dasar-Dasar Teknik Sebelum Renang

Renang dapat dikatakan sebagai salah satu aktivitas yang paling digemari dan banyak juga dipilih oleh sebagian orang karena kegiatan tersebut dapat menyehatkan seluruh tubuh apabila dilakukan secara rutin. Hal tersebut dikarenakan pada saat kita berenang maka seluruh anggota tubuh diharuskan untuk bergerak agar dapat menyeimbangkan tubuh di dalam air.

 

Pemanasan Sebelum Renang

Salahnya pengertian kita mengenai penguasaan teknik renang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya baik pada saat berada di kolam renang untuk melakukan kegiatan olahraga renang, maupun setelah melakukan olahraga renang yang nantinya akan berefek kepada seluruh tubuh kita. Terdapat langkah-langkah yang harus kita terapkan sebelum melakukan kegiatan renang antara lain yaitu pemanasan tubuh. Apabila kita ingin melakukan kegiatan olahraga seharusnya kita melakukan pemanasan pergerakan pada tubuh terlebih dahulu karena apabila hal tersebut dilewatkan maka akan menyebabkan otot-otot tubuh menjadi tegang dan terjadinya kram secara tiba-tiba.

 

Tidak Makan Sebelum Renang

Jadi pada saat setiap kita akan melakukan kegiatan olahraga terutama kegiatan olahraga renang maka kita harus melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu agar otot-otot didalam tubuh tidak tegang saat melakukan aktivitas olahraga.

Selain hal tersebut dalam melakukan kegiatan olahraga renang biasakan untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum berenang karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kram perut di dalam tubuh. Kram yang terjadi secara tiba-tiba pada saat berenang dapat mengakibatkan tubuh yang tidak siap untuk tenggelam karena secara spontan tubuh akan terasa sulit untuk digerakkan. Namun apabila kita lapar biasakan untuk merencanakan makan 1 sampai 2 jam sebelum melakukan kegiatan renang.

 

Pengenalan Air

Hal selanjutnya yang mungkin banyak tidak diketahuinya oleh orang yang ingin melakukan kegiatan olahraga renang, yaitu pengenalan tentang air yang akan kita tempati sebagai tempat berenang. Kita harus mengenali serta menguasai medan air karena hal tersebut penting adanya. Serta jangan lupa untuk minum air putih secukupnya dalam salah salah berenang supaya tubuh tidak dehidrasi pada saat melakukan kegiatan renang.

 

 

Macam-Macam Gaya Renang

Setelah tadi sudah dijelaskan mengenai dasar-dasar teknik sebelum memulai renang, kemudian akan dijelaskan mengenai teknik apa saja yang perlu untuk dipelajari dalam melakukan kegiatan olahraga renang serta mengenai jenis-jenis teknik gaya renang yang sering digunakan dalam kegiatan olahraga renang.

Olahraga renang tidak hanya meliputi kegiatan yang dilakukan di dalam air saja, akan tetapi dalam renang juga terdapat teknik-teknik yang sangat penting untuk dapat menyeimbangkan tubuh pada saat berada di dalam air. Apabila teknik yang salah dilakukan dalam renang maka tubuh tidak dapat untuk menyeimbangkan diri dengan air sehingga kita dapat dengan mudah untuk tenggelam.

Teknik yang sangat basic atau dasar sebelum kita melakukan renang adalah cara mengapung atau melayang didalam air. Terdapat beberapa macam jenis gaya renang yang dapat dipilih serta untuk dikuasai teknik-tekniknya. Karena setiap jenis gaya renang berbeda bentuk akan berbeda pula teknik dalam melakukan gaya tersebut. Kamu dapat memilih macam-macam gaya renang sesuai dengan kemampuan kamu yang mungkin menurut kamu mudah untuk dilakukan.

 

Renang Gaya Bebas

Dalam cabang olahraga renang gaya bebas adalah salah satu gaya yang paling sering digunakan untuk olimpiade atau perlombaan olahraga renang. Teknik yang digunakan dalam renang dengan gaya bebas adalah menggunakan kebebasan tangan dan juga kaki untuk melakukan gerakan supaya badan kita dapat meluncur di air dengan laju dan juga cepat.

Diberi nama renang gaya bebas bukan berarti teknik yang digunakan dalam renang tersebut semau kita atau bebas untuk melakukan apapun. Sudah pasti di dalam renang gaya bebas juga memiliki aturan-aturan yang perlu untuk diikuti. Salah satunya adalah pada saat akan melakukan renang gaya bebas posisi tubuh berada di atas permukaan. Kemudian pada saat melakukan renang gaya bebas wajah menghadap ke permukaan air. Kemudian tangan digunakan untuk mengayun ke depan supaya tubuh dapat melaju serta kaki menendang dengan melakukan gerakan seperti menggunting.

Kemudian teknik yang selanjutnya perlu untuk diketahui adalah cara pengambilan tekniknya adalah saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh kemudian kepala tiga lengan ke samping kanan atau ke samping kiri secara bergantian.saat kepala berada di samping kanan atau di samping kiri secara bersamaan kemudian melakukan pernapasan dengan menggunakan mulut ataupun hidung.

 

Renang Gaya Dada

Teknik yang selanjutnya yang paling sering kita jumpai di dalam pelajaran olahraga di sekolah-sekolah adalah renang dengan gaya dada. Renang gaya dada adalah sebutan dari teknik dalam renang yang menyerupai katak pada saat berenang. Pada umumnya renang gaya dada juga biasa disebut sebagai renang gaya katak.

Dibandingkan dengan macam-macam gaya renang yang lainnya, kecepatan rata-rata dari renang gaya dada ya itu lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan fokus gaya adalah untuk menggerakkan tubuh secara teratur. Gaya renang yang satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berenang namun tidak perlu tergesa-gesa atau secara santai.

Dalam melakukan renang gaya dada teknik terletak pada kekuatan tangan dan juga kaki.kekuatan tangan serta kaki digunakan untuk mendorong badan ke depan. Titik kekuatan secara menyeluruh di tangan terletak pada saat melakukan pertukaran atau pengambilan nafas. pengambilan nafas dilakukan pada saat mulut berada di permukaan air setelah 1:2 gerakan pada tangan dan kaki.

Pada renang gaya dada diperlukan adanya kemampuan tangan yang berguna untuk mendorong ke bawah pada saat kepala naik ke atas untuk mengambil nafas.

 

Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang dengan gaya kupu-kupu adalah teknik renang yang merupakan hasil dari pengembangan teknik renang gaya dada. Pada teknik dasar dari renang gaya kupu-kupu ini yang paling utama terletak pada kemampuan kekuatan lengan.renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Renang gaya kupu-kupu mempunyai pusat kekuatan yang berada di lengan, hal tersebut membuat gerakan yang di dihasilkan dari renang gaya kupu-kupu mirip dengan lumba-lumba yang masuk ke dalam air kemudian keluar pada saat terjadi dorongan ke bawah oleh tangan. Sedangkan untuk kaki teknik yang digunakan adalah lurus rapat dengan tetap bergerak mengikuti alur gerakan badan.

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa renang gaya kupu-kupu disebut juga sebagai renang gaya untuk kecepatan laju dari renang gaya kupu-kupu lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan renang gaya bebas.Akan tetapi sangat penting untuk diketahui bahwa renang gaya kupu-kupu juga membutuhkan tenaga serta kekuatan yang ekstra lebih besar daripada jenis-jenis gaya renang yang lainnya.

 

Renang Gaya Punggung

Renang dengan menggunakan gaya punggung juga termasuk sering untuk diajarkan di pelajaran sekolah sekolah. Renang gaya punggung adalah teknik dalam renang yang mana posisi badan terlentang menghadap ke atas. Kemudian untuk punggung tetap berada di permukaan air.

Gerakan tangan serta kaki dalam renang gaya punggung memiliki persamaan dengan renang gaya bebas. Akan tetapi memiliki perbedaan karena renang gaya punggung berada dalam posisi terlentang. Pada saat pengambilan nafas dapat dilakukan kapan saja karena memang kepala dengan melakukan renang gaya punggung selalu berada di atas permukaan air.

Berbeda halnya dengan renang gaya bebas, gaya dada, ataupun gaya kupu-kupu yang mana start lomba dari renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding.Kemudian untuk kedua tangan berpegangan pada besi pegangan yang berada di tepi kolam, lalu untuk kaki ditekuk dengan telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dan berada di antara lengan tangan.

 

Renang Gaya Samping

teknik dalam renang gaya samping adalah menggunakan sisi samping pada bagian tubuh kita. Namun kini jarang untuk dipelajari dan bahkan tidak untuk diperlombakan dalam kompetisi renang yang resmi. Biasanya seseorang melakukan renang dengan gaya ini hanya untuk menambah skill serta kemampuan dalam menguasai berbagai macam teknik gaya renang.

 

Renang Gaya Anjing

Yang terakhir adalah renang gaya anjing. Untuk renang dengan menggunakan gaya yang satu ini mungkin jarang untuk didengar bahkan dipakai dalam kegiatan belajar mengenai olahraga renang. Namun renang oke anjing sangat cocok bagi kita yang merupakan pemula dalam kegiatan olahraga renang. Renang gaya anjing merupakan teknik dalam renang yang memiliki gerakan seperti anjing pada saat melakukan renang dalam air.

Pada saat melakukan gerakan dengan teknik renang gaya anjing kepala kita diposisikan berada diatas permukaan air.kemudian badan kita agak sedikit membungkuk serta merangkak,sedangkan untuk tangan dan juga kaki melakukan gerakan lompat dengan anjing pada saat berenang.

 

Pemikiran mengenai penjelasan dari macam-macam gaya renang dan juga teknik yang diperlukan pada saat melakukan gaya tersebut. Setiap anak memiliki perbedaan teknik dalam melakukannya baik secara teknik itu dapat di bilang mudah ataupun sulit.

Namun secara keseluruhan setiap gaya renang memiliki manfaat yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan secara rutin dan menggunakan teknik yang benar. Sebutkan penjelasan tersebut bermanfaat bagi kamu dan cepat menambah wawasan sedikit mengenai olahraga renang.



Pengertian HRD: Fungsi, Kepanjangan HRD, dan Tugas HRD

Pengertian HRD: Fungsi, Kepanjangan HRD, dan Tugas HRD

Macam Macam Gaya Renang – renang adalah salah satu cabang olahraga yang terdapat di mata pelajaran penjasorkes atau pelajaran sekolah-sekolah. Senam merupakan olahraga yang berada di dalam air kemudian menggerakkan seluruh tubuh supaya dapat berjalan dan tidak tenggelam. Renang termasuk olahraga yang sangat menyehatkan tubuh.

Siapa yang tidak suka jika disuruh untuk bermain dengan air? Nah olahraga renang sendiri merupakan cabang yang paling populer karena selain menyehatkan olahraga renang juga menyenangkan karena kita dapat berbaur dan bermain dengan air. Olahraga yang satu ini memiliki manfaat kesehatan yang mana hasilnya akan dapatkan oleh seluruh tubuh. Mungkin kamu yang memiliki tubuh kurang ideal kamu dapat memanfaatkan olahraga renang agar tubuhmu ideal. Pernah renang dipercaya dapat menambah tinggi badan dengan cara yang cepat.

 

Manfaat Renang

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa beberapa orang juga meyakini apabila olahraga renang dilakukan secara rutin maka akan membantu pertumbuhan tinggi badan yang ideal bagi tubuh seseorang. Namun manfaat renang tidak hanya seputar untuk meninggikan tubuh seseorang renang juga memiliki manfaat seputar kesehatan seluruh tubuh.

Tentunya dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga terdapat teknik dan tidak dilakukan secara sembarangan. Sebelum melakukan kegiatan olahraga renang tentunya kita harus paham serta menguasai teknik-teknik yang dibutuhkan dalam renang.

 

Dasar-Dasar Teknik Sebelum Renang

Renang dapat dikatakan sebagai salah satu aktivitas yang paling digemari dan banyak juga dipilih oleh sebagian orang karena kegiatan tersebut dapat menyehatkan seluruh tubuh apabila dilakukan secara rutin. Hal tersebut dikarenakan pada saat kita berenang maka seluruh anggota tubuh diharuskan untuk bergerak agar dapat menyeimbangkan tubuh di dalam air.

 

Pemanasan Sebelum Renang

Salahnya pengertian kita mengenai penguasaan teknik renang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya baik pada saat berada di kolam renang untuk melakukan kegiatan olahraga renang, maupun setelah melakukan olahraga renang yang nantinya akan berefek kepada seluruh tubuh kita. Terdapat langkah-langkah yang harus kita terapkan sebelum melakukan kegiatan renang antara lain yaitu pemanasan tubuh. Apabila kita ingin melakukan kegiatan olahraga seharusnya kita melakukan pemanasan pergerakan pada tubuh terlebih dahulu karena apabila hal tersebut dilewatkan maka akan menyebabkan otot-otot tubuh menjadi tegang dan terjadinya kram secara tiba-tiba.

 

Tidak Makan Sebelum Renang

Jadi pada saat setiap kita akan melakukan kegiatan olahraga terutama kegiatan olahraga renang maka kita harus melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu agar otot-otot didalam tubuh tidak tegang saat melakukan aktivitas olahraga.

Selain hal tersebut dalam melakukan kegiatan olahraga renang biasakan untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum berenang karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kram perut di dalam tubuh. Kram yang terjadi secara tiba-tiba pada saat berenang dapat mengakibatkan tubuh yang tidak siap untuk tenggelam karena secara spontan tubuh akan terasa sulit untuk digerakkan. Namun apabila kita lapar biasakan untuk merencanakan makan 1 sampai 2 jam sebelum melakukan kegiatan renang.

 

Pengenalan Air

Hal selanjutnya yang mungkin banyak tidak diketahuinya oleh orang yang ingin melakukan kegiatan olahraga renang, yaitu pengenalan tentang air yang akan kita tempati sebagai tempat berenang. Kita harus mengenali serta menguasai medan air karena hal tersebut penting adanya. Serta jangan lupa untuk minum air putih secukupnya dalam salah salah berenang supaya tubuh tidak dehidrasi pada saat melakukan kegiatan renang.

 

 

Macam-Macam Gaya Renang

Setelah tadi sudah dijelaskan mengenai dasar-dasar teknik sebelum memulai renang, kemudian akan dijelaskan mengenai teknik apa saja yang perlu untuk dipelajari dalam melakukan kegiatan olahraga renang serta mengenai jenis-jenis teknik gaya renang yang sering digunakan dalam kegiatan olahraga renang.

Olahraga renang tidak hanya meliputi kegiatan yang dilakukan di dalam air saja, akan tetapi dalam renang juga terdapat teknik-teknik yang sangat penting untuk dapat menyeimbangkan tubuh pada saat berada di dalam air. Apabila teknik yang salah dilakukan dalam renang maka tubuh tidak dapat untuk menyeimbangkan diri dengan air sehingga kita dapat dengan mudah untuk tenggelam.

Teknik yang sangat basic atau dasar sebelum kita melakukan renang adalah cara mengapung atau melayang didalam air. Terdapat beberapa macam jenis gaya renang yang dapat dipilih serta untuk dikuasai teknik-tekniknya. Karena setiap jenis gaya renang berbeda bentuk akan berbeda pula teknik dalam melakukan gaya tersebut. Kamu dapat memilih macam-macam gaya renang sesuai dengan kemampuan kamu yang mungkin menurut kamu mudah untuk dilakukan.

 

Renang Gaya Bebas

Dalam cabang olahraga renang gaya bebas adalah salah satu gaya yang paling sering digunakan untuk olimpiade atau perlombaan olahraga renang. Teknik yang digunakan dalam renang dengan gaya bebas adalah menggunakan kebebasan tangan dan juga kaki untuk melakukan gerakan supaya badan kita dapat meluncur di air dengan laju dan juga cepat.

Diberi nama renang gaya bebas bukan berarti teknik yang digunakan dalam renang tersebut semau kita atau bebas untuk melakukan apapun. Sudah pasti di dalam renang gaya bebas juga memiliki aturan-aturan yang perlu untuk diikuti. Salah satunya adalah pada saat akan melakukan renang gaya bebas posisi tubuh berada di atas permukaan. Kemudian pada saat melakukan renang gaya bebas wajah menghadap ke permukaan air. Kemudian tangan digunakan untuk mengayun ke depan supaya tubuh dapat melaju serta kaki menendang dengan melakukan gerakan seperti menggunting.

Kemudian teknik yang selanjutnya perlu untuk diketahui adalah cara pengambilan tekniknya adalah saat tangan diangkat ke atas untuk mengayuh kemudian kepala tiga lengan ke samping kanan atau ke samping kiri secara bergantian.saat kepala berada di samping kanan atau di samping kiri secara bersamaan kemudian melakukan pernapasan dengan menggunakan mulut ataupun hidung.

 

Renang Gaya Dada

Teknik yang selanjutnya yang paling sering kita jumpai di dalam pelajaran olahraga di sekolah-sekolah adalah renang dengan gaya dada. Renang gaya dada adalah sebutan dari teknik dalam renang yang menyerupai katak pada saat berenang. Pada umumnya renang gaya dada juga biasa disebut sebagai renang gaya katak.

Dibandingkan dengan macam-macam gaya renang yang lainnya, kecepatan rata-rata dari renang gaya dada ya itu lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan fokus gaya adalah untuk menggerakkan tubuh secara teratur. Gaya renang yang satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin berenang namun tidak perlu tergesa-gesa atau secara santai.

Dalam melakukan renang gaya dada teknik terletak pada kekuatan tangan dan juga kaki.kekuatan tangan serta kaki digunakan untuk mendorong badan ke depan. Titik kekuatan secara menyeluruh di tangan terletak pada saat melakukan pertukaran atau pengambilan nafas. pengambilan nafas dilakukan pada saat mulut berada di permukaan air setelah 1:2 gerakan pada tangan dan kaki.

Pada renang gaya dada diperlukan adanya kemampuan tangan yang berguna untuk mendorong ke bawah pada saat kepala naik ke atas untuk mengambil nafas.

 

Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang dengan gaya kupu-kupu adalah teknik renang yang merupakan hasil dari pengembangan teknik renang gaya dada. Pada teknik dasar dari renang gaya kupu-kupu ini yang paling utama terletak pada kemampuan kekuatan lengan.renang gaya kupu-kupu dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Renang gaya kupu-kupu mempunyai pusat kekuatan yang berada di lengan, hal tersebut membuat gerakan yang di dihasilkan dari renang gaya kupu-kupu mirip dengan lumba-lumba yang masuk ke dalam air kemudian keluar pada saat terjadi dorongan ke bawah oleh tangan. Sedangkan untuk kaki teknik yang digunakan adalah lurus rapat dengan tetap bergerak mengikuti alur gerakan badan.

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa renang gaya kupu-kupu disebut juga sebagai renang gaya untuk kecepatan laju dari renang gaya kupu-kupu lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan renang gaya bebas.Akan tetapi sangat penting untuk diketahui bahwa renang gaya kupu-kupu juga membutuhkan tenaga serta kekuatan yang ekstra lebih besar daripada jenis-jenis gaya renang yang lainnya.

 

Renang Gaya Punggung

Renang dengan menggunakan gaya punggung juga termasuk sering untuk diajarkan di pelajaran sekolah sekolah. Renang gaya punggung adalah teknik dalam renang yang mana posisi badan terlentang menghadap ke atas. Kemudian untuk punggung tetap berada di permukaan air.

Gerakan tangan serta kaki dalam renang gaya punggung memiliki persamaan dengan renang gaya bebas. Akan tetapi memiliki perbedaan karena renang gaya punggung berada dalam posisi terlentang. Pada saat pengambilan nafas dapat dilakukan kapan saja karena memang kepala dengan melakukan renang gaya punggung selalu berada di atas permukaan air.

Berbeda halnya dengan renang gaya bebas, gaya dada, ataupun gaya kupu-kupu yang mana start lomba dari renang gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh menghadap ke dinding.Kemudian untuk kedua tangan berpegangan pada besi pegangan yang berada di tepi kolam, lalu untuk kaki ditekuk dengan telapak kaki bertumpu pada dinding kolam dan berada di antara lengan tangan.

 

Renang Gaya Samping

teknik dalam renang gaya samping adalah menggunakan sisi samping pada bagian tubuh kita. Namun kini jarang untuk dipelajari dan bahkan tidak untuk diperlombakan dalam kompetisi renang yang resmi. Biasanya seseorang melakukan renang dengan gaya ini hanya untuk menambah skill serta kemampuan dalam menguasai berbagai macam teknik gaya renang.

 

Renang Gaya Anjing

Yang terakhir adalah renang gaya anjing. Untuk renang dengan menggunakan gaya yang satu ini mungkin jarang untuk didengar bahkan dipakai dalam kegiatan belajar mengenai olahraga renang. Namun renang oke anjing sangat cocok bagi kita yang merupakan pemula dalam kegiatan olahraga renang. Renang gaya anjing merupakan teknik dalam renang yang memiliki gerakan seperti anjing pada saat melakukan renang dalam air.

Pada saat melakukan gerakan dengan teknik renang gaya anjing kepala kita diposisikan berada diatas permukaan air.kemudian badan kita agak sedikit membungkuk serta merangkak,sedangkan untuk tangan dan juga kaki melakukan gerakan lompat dengan anjing pada saat berenang.

 

Pemikiran mengenai penjelasan dari macam-macam gaya renang dan juga teknik yang diperlukan pada saat melakukan gaya tersebut. Setiap anak memiliki perbedaan teknik dalam melakukannya baik secara teknik itu dapat di bilang mudah ataupun sulit.

Namun secara keseluruhan setiap gaya renang memiliki manfaat yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh apabila dilakukan secara rutin dan menggunakan teknik yang benar. Sebutkan penjelasan tersebut bermanfaat bagi kamu dan cepat menambah wawasan sedikit mengenai olahraga renang.