Trapesium: Rumus Keliling, Luas, Contoh Soal, Cara Menghitung

By

rumus trapesium

Trapesium – trapesium merupakan salah satu bangun datar yang masuk kedalam jenis segiempat. Bangun trapesium terbentuk dari empat buat rusuk, dan memiliki dua rusuk yang saling sejajar namun memiliki panjang rusuk yang tidak sama. Terdapat beberapa jenis bangun trapesium yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang bangun trapesium untuk cara menghitung rumus luas trapesium, rumus keliling trapesium, contoh soal yang disertai dengan jawaban. Berikut ini merupakan penjelasan secara lebih lengkapnya.

Pengertian Bangun Trapesium

Pengertian Bagun Trapesium

Bangun datar trapesium adalah sebuah bangun 2 dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk. Dari ke empat buah rusuk tersebut terdapat 2 buah rusuk yang saling sejajar namun memiliki panjang rusuk yang berbeda.  Bangun datar trapesium merupakan salah satu jenis bangun datar segi empat atau quadrilateral Karena bangun trapesium memiliki kategori dengan 4 buah sisi.

Sifat Bangun Trapesium

Sifat-sifat Bangun Trapesium

Bangun trapesium juga memiliki beberapa sifat yang memberi indentitas bagi salah satu bangun datar yang termasuk ke dalam jenis segi empat ini. Berikut info merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun datar trapesium seperti dibawah ini:

  • Trapesium merupakan salah satu jenis bangun datar yang terdiri dari empat buah rusuk.
  • Dari ke empat buah rusuk yang dimiliki oleh bangun trapesium terdapat 2 rusuk yang sejajar dengan panjang yang tidak sama panjang.
  • Bangun trapesium termasuk kedalam jenis bangun datar segi empat.
  • Bangun datar trapesium merupakan jenis bangun datar dua dimensi.
  • Semua jenis bangun trapesium kecuali trapesium sama kaki tidak mempunyai simetri lipat.

Jenis-jenis Trapesium

Bangun datar trapesium terbagi menjadi beberapa jenis, sejarah bangun trapesium dapat dibedakan berdasarkan dari tiga jenis trapesium.

Ketika jenis bangun datar trapesium tersebut antara lain adalah bangun trapesium sama kaki, bangun trapesium siku-siku dari bangun trapesium sembarang. Di bawah ini merupakan penjelasan dari masing-masing jenis bangun datar trapesium.

Baca Juga: Rumus Persegi.

1. Trapesium Sama Kaki

Berdasarkan gambar di atas dapat kita simpulkan trapesium sama kaki adalah jenis bangun datar yang memiliki kedua rusuk yang sama panjang pada bagian kaki trapesium. Kemudian selain itu, bangun datar trapesium sama kaki juga memiliki dua pasang sudut yang sama besar dan memiliki dua buah diagonal yang sama panjang. Bangun trapesium sama kaki memili 1 simetri lipat.

2. Trapesium Siku-siku

Seperti namanya bahwa trapesium siku-siku merupakan jenis pensil yang diantara sudutnya terdapat sudut siku-siku, dimana sudut tersebut dapat terbentuk dari 2 buah sisi. Bangun datar trapesium memiliki dua buah atau sepasang sisi yang sejajar tegak lurus dengan rusuk tinggi trapesium, namun kedua sisi trapesium tersebut tidak sama panjang.

3. Trapesium Sembarang

Untuk jenis trapesium yang ketiga adalah trapesium sembarang. Berdasarkan dari gambar di atas sembarang mempunyai sepasang sisi yang sejajar. selain itu, bangun datar trapesium ini juga memiliki 4 buah sudut dengan ukuran yang tidak sama besar, dan memiliki 2 buah diagonal yang juga tidak sama panjang. Jenis trapesium ini juga tidak memiliki simetri lipat.

Rumus Trapesium

Setelah pembahasan diatas telah dijelaskan tentang jenis-jenis bangun trapesium yang terbagi menjadi beberapa jenis. Kemudian selanjutnya, kita akan membahas tentang persamaan atau rumus untuk menentukan keliling dan luas bangun trapesium.

Rumus Keliling Trapesium

Untuk menghitung rumus keliling trapesium pada umumnya hanya cukup dilakukan dengan jumlah pajak dari setiap sisi pada bangun trapesium.

Akan tetapi, tidak semua jenis soal yang menanyakan keliling trapesium telah diketahui panjang sisi setiap rusuk trapesium, itulah yang membuat kita harus mencari terlebih dahulu rumus untuk menentukan panjang sisi dari rusuk trapesium yang belum diketahui tersebut.

Keliling trapesium = panjang sisi AB + panjang sisi BC + panjang sisi CD + panjang sisi DA

Atau

Keliling = a + b + c +d

Atau

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4

Rumus Luas Trapesium

Untuk bisa menentukan luas trapesium adalah dengan menentukan terlebih dahulu luas kedua segitiga pada bangun trapesium. Berikut ini adalah rumus menentukan luas trapesium:

Luas trapesium ABCD = Luas segitiga ABC + Luas segitiga ACD

Jadi

Luas trapesium ABCD = ((1/2) x b x t) + ((1/2) X a x t)

Dari rumus diatas dapat disederhanakan menjadi rumus luas trapesium seperti berikut:

Luas = (1/2) x t x (b + a)

Atau

Luas = ((a + b) x t)/2

Keterangan:

a, b, c = Panjang sisi trapesium

t = Tinggi Trapesium

Contoh Soal

Untuk memperdalam pengetahuan kami tentang bangun trapesium dan cara menentukan keliling serta luas bangun trapesium, berikut ini akan diberikan beberapa contoh soal keliling dan luas bangun trapesium yang disertai dengan pembahasan cara menghitungnya.

1. Terdapat sebuah bangun trapesium dengan sisi yang sejajar yaitu 12 cm dan 25 cm. Berapakah luas bangun trapesium tersebut apabila diketahui memiliki tinggi 8 cm?

Diketahui:

Sisi sejajar = 12 cm dan 25 cm

Tinggi = 8 cm

Luas?

Pembahasan:

Luas = jumlah sisi sejajar x tinggi/2

Luas = (12 cm + 25 cm) x 8 cm /2

Luas = 37 cm x 4 cm

Luas = 148 cm

Berdasarkan dari rumus diatas dapat ditemukan bahwa luas dari bangun trapesium tersebut adalah sebesar 148 cm.

2. Sebuah bangun trapesium diketahui memiliki luas yaitu 120 cm², dan memiliki panjang sisi sejajar yaitu 3 dan 7 cm. Berapakah tinggi dari sebuah trapesium tersebut?

Diketahui:

Luas = 120 cm²

sisi sejajar = 3 cm dan 7 cm

Tinggi?

Pembahasan:

Tinggi = 2L : (a + b)

Tinggi = 2 x 120 : (3 + 7)

Tinggi = 240 : 10

Tinggi = 24 cm²

Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus diatas dapat diketahui bahwa tinggi bangun trapesium tersebut adalah 24 cm².

3. Jika terdapat sebuah bangun trapesium dengan panjang sisi yang sejajar adalah 22 cm dan 26 cm, bangun trapesium tersebut juga memiliki tinggi 18 cm. Berapakah luas trapesium tersebut?

Diketahui:

Panjang sisi sejajar  = 22 cm dan 26 cm (a1 dan b1)

Tinggi = 18 cm (t)

Luas ?

Pembahasan:

Luas = ½ x (a1 + b1) x t

Luas = ½ x (22 cm + 26 cm) x 18 cm

Luas = ½ x 48 x 18 cm

Luas = 432 cm²

Jadi telah diketahui bahwa luas dari sebuah bangun trapesium tersebut adalah 432 cm²

Itulah penjelasan tentang rumus trapesium dengan tambahan contoh soal dan pembahasan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan apabila terdapat kesalahan mohon maaf.


Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.

 


Baca Lainya Tastynesia:
  1. Kue Balok
  2. Klepon
  3. Kue Pancong
  4. Kue Lumpur
  5. Bolu Kukus
  6. Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *