Ukuran Lapangan Bulu Tangkis: Gambar, Penjelasan

By

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – cabang olahraga yang satu ini merupakan jenis cabang olahraga yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan sudah cukup populer di kalangan masyarakat dunia.

Bulutangkis atau yang biasa disebut dengan badminton merupakan jenis cabang olahraga yang sudah dipertandingkan dalam ajang olimpiade. Cabang olahraga bulu tangkis dapat dimainkan oleh perempuan dan laki-laki, dan juga bahkan dapat dimainkan dari usia anak-anak sampai usia dewasa.

Dalam setiap permainan tentunya membutuhkan tempat agar para pemain dapat leluasa dan nyaman untuk melakukan gerakan.

Tidak terkecuali adalah lapangan yang menjadi tempat untuk melakukan pertandingan bulutangkis atau badminton. Sebelum melakukan pertandingan tentunya syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan harus terpenuhi, salah satunya adalah ukuran lapangan bulu tangkis yang harus sesuai dengan ketentuan.

Berikut ini yang merupakan ukuran lapangan bulu tangkis yang telah ditetapkan untuk menjadi syarat pertandingan permainan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau yang biasa disebut dengan badminton adalah salah satu jenis permainan yang dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Bulutangkis dimainkan pada lapangan dengan menggunakan alat raket dan kok.

Secara umum permainan bulutangkis idealnya dimainkan oleh 2 sampai 4 orang pemain pada lapangan yang berbentuk persegi panjang yang dipisahkan oleh net untuk daerah lawan.

Permainan bulu tangkis dapat dibagi menajdi beberapa kategori permainan yaitu dimainkan oleh tunggal putri, tunggal putra, ganda putri, ganda putra dan ganda campuran.

Pada dasarnya ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan bulutangkis pada permainan bulu tangkis ganda lebih luas dibandingkan dengan ukuran lapangan bulu tangkis kategori tunggal.

Meskipun begitu, namun secara umum lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis adalah sama hanya saja garis-garis yang digunakan berbeda ada sehingga mempengaruhi luas lapangan yang digunakan.

Untuk pertandingan bulutangkis pada tingkat nasional bulu tangkis diatur oleh PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia). Segala bentuk aturan dan ketentuan pada permainan bulutangkis telah ditetapkan oleh Persatuan bulutangkis seluruh Indonesia.

Sehingga sebelum melakukan pertandingan haruslah sudah memenuhi syarat dan kriteria agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

Ukuran lapangan yang digunakandalam permainan bulutangkis harus sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Berikut ini yang merupakan aturan ukuran lapangan bulu tangkis yang telah ditetapkan oleh standar internasional.

Organisasi induk yang mengawasi bulutangkis atau badminton dengan skala internasional adalah BWF (Badminton World Federation). Badminton world Federation yang sebelumnya bernama International badminton Federation telah memberikan ketentuan dan kriteria terhadap segala aturan yang berhubungan dengan permainan buku tangkis, termasuk juga aturan ukuran lapangan bulu tangkis.

Berikut ini merupakan ukuran lapangan bulu tangkis menurut standar internasional:

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional
  • Ukuran panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Jarak garis servis belakang yang biasa digunakan pada partai ganda dengan garis belakang adalah 0,76 meter
  • Jarak antara garis servis dengan garis di bawah net adalah 1,98 meter
  • Jarak garis tengah servis dengan garis samping adalah 3,95 meter
  • Jarak garis servis samping yang biasa digunakan pada partai tunggal dengan garis pinggir adalah 0,46 meter
  • Di dalam lapangan bulu tangkis ada dua garis yang berguna untuk menandakan bidang permainan
  • Garis paling luar pada lapangan memiliki ukuran panjang 13,40 meter
  • Ukuran lebar garis paling luar lapangan adalah 6,1 meter
  • Garis dalam pada lapangan bulu tangkis memiliki panjang 11,76 meter
  • Ukuran lebar garis dalam lapangan bulu tangkis adalah 5,18 meter.

Permukaan Lapangan Bulu Tangkis

Permukaan Lapangan Bulu Tangkis

Permainan bulutangkis haruslah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Selain ukuran lapangan bulu tangkis yang harus sesuai kriteria, permukaan lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis juga harus sesuai.

Lapangan bulu tangkis haruskah dibuat dengan senyaman mungkin untuk para atlet melakukan gerakan agar tidak membahayakan dan mempersulit para atlet bulutangkis.

Lapangan bulutangkis haruslah dibuat dengan dengan menggunakan bahan pada permukaan lapangan bulu tangkis telah diatur sedemikian rupa agar para atlet dapat terhindar dari berbagai hal yang membahayakan seperti kecelakaan saat dalam pertandingan.

Lapangan bulu tangkis disarankan menggunakan bahan permukaan yang terbuat dari bahan sintetis yang lunak dan kayu. bahan yang digunakan pada permukaan lapangan bulu tangkis tidak boleh menggunakan bahan sintetis yang keras dan beton karena dapat membahayakan para pemain dan dapat membuat para atlet atau pemain cidera.

Bentuk dari lapangan bulu tangkis adalah persegi panjang yang terdapat garis-garis batas sebagai salah satu tanda pada permainan buku tangkis yang berwarna kontras atau cerah terhadap warna lapangan bulu tangkis.

Jenis warna yang dianjurkan untuk membuat garis batas tersebut adalah warna kuning atau warna putih. Adapun ketebalan dari masing-masing garis lapangan dalam permainan bulutangkis yaitu sekitar 40 mm.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra/Putri

Untuk bidang lapangan bulutangkis yang digunakan dalam permainan partai tunggal putra atau tunggal putri memiliki lebar area permainan dengan menggunakan garis lapangan yang berada pada samping sisi dalam dan dalam panjangnya menggunakan garis pada belakang sisi luar. Berikut ini yang merupakan ukuran yang digunakan dalam permainan bulutangkis tunggal putra atau Putri tunggal putri:

  • Ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis memiliki panjang 13,40 meter.
  • Ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis memiliki lebar bisa permainan 15,18 meter.
  • Panjang bidang lapangan penerima servis adalah 4,77 meter.
  • Lebar bidang penerima servis adalah 2,59 meter.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Putra/Putri Dan Ganda Campuran

Untuk ukuran lapangan yang digunakan dalam kategori permainan an-nur tangkis ganda putra, ganda putri dan ganda campuran memiliki perbedaan dengan ukuran lapangan yang digunakan pada permainan tunggal putri dan tunggal putra.

Ukuran lapangan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis ganda putra, ganda putri dan ganda campuran memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lapangan partai tunggal putra dan tunggal putri.

Pada permainan kategori ganda ukuran lapangan permainan menggunakan garis yang paling luar pada lapangan bulu tangkis. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini yang merupakan ukuran lapangan bulu tangkis kategori ganda:

  • Ukuran lapangan permainan bulu tangkis memiliki panjang bidang 13, 40 meter
  • Ukuran lapangan permainan bulu tangkis memiliki lebar bidang 6,10 meter
  • Memiliki ukuran panjang bidang lapangan penerima servis adalah 3, 96 meter
  • Memiliki ukuran lebar bidang lapangan penerima servis adalah 3,5 meter

Garis Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis juga dibatasi oleh garis garis yang telah dibuat Sesuai dengan standar nasional ataupun standar internasional dalam permainan bulutangkis. Berikut ini merupakan ketentuan garis lapangan bulutangkis yang sesuai dengan standar dalam pertandingan bulu tangkis.

A. Garis Lapangan Bulu Tangkis Daerah Servis

Garis Lapangan Bulu Tangkis Daerah Servis

Pembahasan sebelumnya bahwa ukuran lapangan yang digunakan pada partai ganda dan partai tunggal memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran lapangan bulu tangkis pada permainan ganda secara umum lebih besar dibandingkan dengan ukuran lapangan bulu tangkis pada permainan tunggal.

Pada partai tunggal daerah servis yang digunakan adalah garis samping pada dalam dan garis belakang bagian luar yang memiliki ukuran lebar 5,8 meter dan panjang 13,40 meter.

Sedangkan untuk garis lapangan pada partai ganda adalah garis samping bagian dalam sengan garis belakang bagian luar yang memiliki ukuran dengan panjang 11,88 meter dan memiliki lebar 6,10 meter.

B. Tebal Garis Lapangan Buku Tangkis

Garis yang dibuat sebagai batas dalam lapangan bulu tangkis memiliki ketentuan lebar atau tebal dalam pembuatannya. Ketentuan dalam pembuatan tebal garis bertujuan untuk tidak mengurangi ukuran lapangan yang telah ditentukan, oleh karena itu ketebalan garis harus sesuai kriteria agar tidak mengurangi atau menambah ukuran lapangan bulu tangkis.

Adapun ketebalan dari masing-masing garis pada lapangan bulutangkis atau badminton adalah selebar memiliki ketebalan 40 mm dan garis tersebut diharuskan memiliki warna yang kontras dengan warna lapangan.

Terdapat beberapa warna yang menjadi ketentuan dalam pembuatan garis pada lapangan bulutangkis atau badminton yaitu berwarna putih atau kuning.

Garis haruslah sesuai karena apabila terlalu Adapun terlalu kecil keduanya sama-sama akan mempengaruhi ukuran lapangan. Apabila ketebalan garis yang dibuat terlalu tipis maka akan membuat garis menjadi tidak terlihat secara jelas, dan hal tersebut tentunya akan menyusahkan luas dalam menentukan keputusan pada setiap pertandingan.

C. Ukuran Net Bulu Tangkis

Ukuran Net Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi 2 bagian untuk ditempati oleh kedua tim atau regu. Lapangan bulutangkis tersebut akan dibatasi oleh yang berada di tengah lapangan bulu tangkis.

Sama halnya dengan ukuran lapangan ketentuan garis pada lapangan bulu tangkis, ukuran serta warna net juga haruslah sesuai dengan standar nasional dan standar internasional.

Berikut ini merupakan ketentuan standar nasional dan standar internasional tentang net yang digunakan dalam permainan bulutangkis.

  • Ukuran panjang net yang digunakan dalam permainan bulutangkis adalah 6,10 meter.
  • Ukuran lebar yang digunakan dalam permainan bulu tangkis adalah 0,75 meter.
  • Net yang harus digunakan pada permainan buku tangkis haruslah net yang berwarna gelap.
  • Kecuali pada bagian bibir jari haruslah berwarna putih dan harus memiliki ketebalan 75 mm.
  • Tinggi tiang net adalah 1,5 meter.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar nasional dan internasional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Apabila terdapat kalimat atau keterangan yang kurang tepat, mohon maaf.

Arwina Nur Dyah Utami Penikmat musik dan senja, selamat membaca tulisan saya. Suka banget menulis dan baca novel.
Baca Lainya Tastynesia:
  1. Dalgona Coffee
  2. Tongseng Sapi
  3. Rawon Daging Sapi
  4. Rendang Daging Sapi
  5. Semur Daging Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *